Hobi baru, masuki dunia PDA dengan HTC Tytn II

my-htc-tytn-ii-00Benarnya dah dari minggu lalu saya beli gadget ini, soalnya lagi ingin membongkar abis dunia PDA itu kayak gimana. Disisi lain juga dikarenakan keinginan memiliki PDA yang sejak lama dan baru bisa tercapai sekarang, ha.ha.ha.

Demam online lagi marak-maraknya. Namun banyak orang yang menjadikan Netbok sebagai pilihan. Namun lain halnya dengan saya, bagi saya, netbook rada susah untuk dikantongi, so, saya pake PDA ini dikarenakan segala fungsi netbook sudah terpenuhi oleh PDA tersebut. Kayak gimana sih featurenya ? Disini lah saya ulas semua gadget satu ini.

Atik punya atik, PDA ini keluaran dari HTC, dikenal dengan nama Tytn II, namun juga sering dikenal diluaran dengan sebutan HTC P4550 atau Kaiser, atau Tilt atau MDA Vario III. Untuk di Indonesia, sebutan nya menggunakan HTC Tytn II. Dilengkapi dengan fitur GPS terintegrasi adalah salah satu unggulan HTC TyTN II. yang  diperkenalkan di Indonesia pada awal Oktober.

my-htc-tytn-ii-01

Tampak depan dan samping HTC Tytn II

HTC TyTN II memiliki jenis tipe sliding phone, tipis, dimensi 112 x 59 x 19 mm dengan bobot 190 gram. Pecinta papan ketik / keyboard Qwerty juga telah dipersiapkan gadget ini, letaknya tersembunyi di balik layar utama dengan teknik sliding. Cara akses TouchFlo yang sudah diaplikasikan pada HTC Touch kembali diperkenalkan di ponsel ini. Anda dapat mengakses menu hanya dengan satu jari saja.

satu jari untuk segala aktivitas

satu jari untuk segala aktivitas

Di bagian depan ponsel, dengan pulasan warna hitam dan perak ini, dapat Anda jumpai layar sentuh seluas 2,8 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel, dibesut oleh 65 ribu warna pixel. Dijumpai kamera VGA dibagian depan dengan kualitas VGA yang mampu untuk melakukan panggilan Video Call. Sedangkan kamera utama berada pada bagian belakang dengan resolusi 3 mega pixel, maksimum gambar yang dapat dijepret yaitu 1536 x 2048 pixel.

Sliding dengan 45 derajat sudut kemiringan

Sliding dengan 45 derajat sudut kemiringan

Layar ini dapat diatur ketinggiannya. Saat menggunakan ponsel di atas meja, Anda bisa mengatur ketinggian layar sampai 45 derajat. Ini membuat tampilan TyTN II laksana sebuah notebook yang super mungil.

Tampilan bak laptop tanpa dibekali dengan fitur pendukung tentu tidak berarti apa-apa. HTC membekali ponsel ini dengan kemampuan HSDPA yang memungkinkan jelajah Internet dan akses data bagi pengguna TyTN II. Dukungan 3G HSDPA serasa membuat kita bisa berinternet dimanapun kita suka.

Tipis, ringan dan Kecil

Tipis, ringan dan Kecil

Ponsel ini menggunakan sistem operasi Windows Mobile 6 Profesional. Beragam aplikasi yang umumnya menyertai ponsel dengan sistem operasi tersebut, seperti kemampuan untuk melihat dan mengedit dokumen (Word,Excel,Power Point), ngobrol dengan teman melalui fitur Messenger (Live Messenger), mendengarkan musik (WIndows Media Player 10), menerima surat elektronik dengan cara push e-mail, browsing menggunakan Internet Explorer atau dapat juga menggunakan software yang bisa diinstal sendiri.

HTC TyTN II merupakan produk pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm MSM7200 400 MHz. Melvin Chua, Manajer Pengembangan Bisnis Operator & Korporasi HTC untuk wilayah Asia Tenggara, mengatakan pemilihan prosesor ini ditujukan untuk meningkatkan performa ponsel, terutama untuk penggunaan beberapa tugas yang dilakukan secara bersamaan.

HTC TyTN II memiliki memori internal ROM 256MB dan RAM128MB. Untuk menambah memori, pengguna bisa menambah memori eksternal berupa kartu microSD yang diklaim mampu membaca microSD kapasitas besar (up to 32 Gb). Slot memori eksternal micro SD ada di bagian bawah tak jauh dari port USB.

Posisi kartu SimCard dibalik Qwerty keyboard

Posisi kartu SimCard dibalik Qwerty keyboard

Anda yang kerap melakukan pertemuan bisnis dapat terbantu dengan kehadiran fitur pembaca kartu nama. Dibandingkan dengan menyalin kartu nama secara manual, campur tangan fitur tersebut dapat menghemat waktu Anda. Fasilitas Wireless Lan (WiFi), bluetooth dan kemudahan koneksi ke komputer menggunakan Active Sync membuat PDA ini terasa full featured.

Pada produk ini, chip GPS terintegrasi ke dalam prosesor Qualcomm. Anda yang gemar menggunakan GPS juga dapat memanfaatkan fitur QuickGPS untuk mempercepat penerimaan sinyal. HTC TyTN II juga memiliki fitur assisted GPS yang pada ponsel ini datang dengan nama QuickGPS.

Camera utama 3 MP dan built-in QuickGPS

Camera utama 3 MP dan built-in QuickGPS

Untuk penjualan produk di Indonesia, perangkat ponsel ini dibekali dengan peta kota Jakarta buatan MapKing. Saat ini peta yang tersedia baru terbatas pada kota Jakarta saja, tapi ke depannya HTC akan menambah peta untuk kota-kota besar lain di Indonesia. Bahkan juga bisa download melalu internet untuk kemudian anda install sendiri di PDA anda. Menu yang ada di interior nya tergolong cukup mudah dan hampir sama dengan PDA rata-rata yang sudah populer seperti O2.

Dengan kapasitas baterai Lithium Polimer 1350 mAh mampu bertahan dipakai selama 3 hari dengan intensitas yang agak banyak untuk bertelepon, SMS, memutar lagu dan video. Sedangkan menurut vendornya waktu siaga untuk GSM sampai dengan 365 jam, untuk UMTS sampai dengan 350 jam. Waktu bicara untuk GSM sampai dengan 420 menit dan untuk video call sampai dengan 120 menit.

my-htc-tytn-ii-07

Menu yang tidak rumit

my-htc-tytn-ii-08

Fasilitas program yang mudah dicari

Spesifikasi:

Platform Windows Mobile® 6 Professional
Display 2.8 inch, 240 X 320 QVGA TFT-LCD display with adjustable angle and backlight
Processor Qualcomm® MSM7200, 400MHz
Memory ROM: 256 MB
RAM: 128 MB SDRAM
Dimensions 112 mm(L) x 59 mm(W) x 19 mm(T)
Weight 190g with battery
Device Control Finger scrolling and panning 5-Way navigation control
Keyboard Sliding QWERTY keyboard
Network HSDPA/UMTS: Tri-band 850, 1900, 2100 MHz
HSDPA: Up to 384kbps for upload and 3.6Mbps for download
UMTS: Up to 384kbps for upload and download
GSM/GPRS/EDGE: Quad-band 850, 900, 1800, 1900 MHz
(The device will operate on frequencies available from the cellular network)
Connectivity Bluetooth® 2.0 with A2DP& AVRCP
Wi-Fi®: IEEE 802.11 b/g
HTC ExtUSB™ (11-pin mini-USB and audio jack in one)
GPS antenna connector
Camera Main camera: 3 megapixel CMOS color camera with auto focus
Second camera: VGA CMOS color camera
Audio Built-in microphone and loud speaker
Supported ringtone formats:
MP3, AAC, AAC+, WMA, WAV, and AMR-NB
40 polyphonic and standard MIDI format 0 and 1(SMF)/SP MIDI
GPS Internal GPS antenna
MapKing R12
Battery 1,350 mAh rechargeable Li-polymer battery
Standby / Talk Time Standby time:
Up to 350 hours for UMTS
Up to 365 hours for GSM
Talk time: Talk time:
Up to 264 minutes for UMTS
Up to 420 minutes for GSM
Up to 120 minutes for video call
Expansion Slot microSD™ memory card (SD 2.0 compatible, hot swappable)
AC Adapter Voltage range/frequency: 100 ~ 240V AC, 50/60Hz
DC output: 5V and 1A

Beberapa software yang bisa didapat untuk mendukung aktivitas kamu :
GPS software:
TomTom (www.tomtom.com)
Pathaway (www.pathaway.com)

iPhone theme:
iFonz (bisa download di www.freewarepocketpc.net, ato ke forum.xda-developers.com, dan search for iFonz
Freestyl (www.freestylwm.com)
PocketCM (ini utk menu contact yg finger touchable, d/l di www.pocketcm.com)

Islamic software:
Al-Qur’an lengkap dengan terjemahan dan audio, waktu sholat seluruh dunia + adzan (bisa milih mo adzan di Masjidil Haram, Masjidil Aqsa, Masjid Nabawi, adzannya Yusuf Islam, dll), arah kiblat, tanggalan hijriyah, & hadits. Bisa didownload gratis di: (www.smartnetwireless.com)

Crack software (resiko tanggung sendiri loh):
Kalo mau ngetest software sebelom beli (forum.ppcwarez.org).

Software yang paling digandrungi saat ini untuk jenis PDA yaitu Manila 2D yang bisa didownload di sini. Manila 2D merupakan software yang akan merubah tampilan default HTC dengan themes yang unik-unik seperti dibawah ini.

themes Manila 2D

themes Manila 2D

themes Manila 2D lain

themes Manila 2D lain

Untuk harga baik baru maupun harga second, bisa digoogling aja, karena beda-beda sesuai kondisi barang maupun lokasi. Product sheet asli dari situs HTC untuk tipe Tytn II ini bisa didapat dengan format PDF di Sini.

overview-tytn-ii-01overview-tytn-ii-02overview-tytn-ii-03overview-tytn-ii-04overview-tytn-ii-05overview-tytn-ii-06overview-tytn-ii-07

Advertisements

10 comments on “Hobi baru, masuki dunia PDA dengan HTC Tytn II

  1. Pingback: BlackBerry apa yang cocok buat kamu? - Marigaul.com : Bergaul Online

  2. Pingback: Tytn II Makin Garang dengan Windows Mobile 6.5 dan PDACorner Ultimate-X2.V9 « Artvisualizer Blog

  3. mau tanya bgmn cara mengaktifkan bluetooth pada htc p4550 tlg di kirimkan jawaban ke email saya secepatnya ya …
    makasih banyak

  4. Admiring the commitment you put into your website and detailed information you offer.
    It’s awesome to come across a blog every once in a while that isn’t the same unwanted rehashed information.
    Great read! I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds to my Google account.

  5. HTC TyTN II saya pernah berubah settingan call history-nya, shg kalau ada tlp msk maupun yang keluar, biasanya terekam dalam Call History, namun skrg tdk muncul dan ini bikin sy pusing tujuh keliling. Mohon bgmn caranya men-setting ulang, shg telp msk dan keluar kembali tercatat dlm Call History, shg saya tahu dari mana saja yng telp saya. Mohon dikirim ke email saya sec langsung. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s