For english version, you can refer to my tutorial Sketchucation or SVR Website.
Hai all.. dikarenakan banyak yang pada nanya, saya coba buatkan tutor tentang material water di SU, walaupun saya juga masih belajar2.. semoga bermanfaat
Download dulu file sketchup “water_ferry_start.skp” di link berikut.
http://www.4shared.com/file/6tq_tVdU/sce…ial-t.html
Saya pakai sketchup7 dengan vray 1.48. Bisa dipakai juga untuk sketchup 8 keatas. Dan satuan unit yang saya pakai adalah millimeter.
Setelah anda buka file nya, akan didapati tampilan seperti gambar berikut
Bila ada material yang hilang, saya sudah menyertakan didalam file zip yang anda download.
Klik pada “Option 1” scene untuk kita otak atik variasi water untuk option pertama. Di option ini, kita coba membuat material water tanpa menggunakan bitmap, hanya menggunakan noise pada bump.
Disini tidak saya jelaskan tentang render setting, melainkan khusus untuk water nya saja. Diluar ini, bisa ditanyakan lebih lanjut. Nah, apabia anda klik render di tombol “Render” vray, maka akan anda dapati gambar seperti berikut
Yang saya tandai itu adalah water yang akan kita otak atik. Select/pilih object water tersebut. Lalu anda buka window Material vray nya. Disana sudah terdapat 4 material yang telah terpakai untuk scene ini.
Kita buat material baru, caranya, klik kanan pada tulisan “Scenes Materials”, lalu “Create Material”, lalu pilih “V-ray Default Material”. Setelah itu, akan didapati material baru, klik kanan pada nama material baru ini, pilih “Rename Material” lalu isi dengan nama “water_option1” atau nama yang memudahkan anda mengingat. Disini ditujukan supaya kita lebih disiplin pada penamaan material sehingga nantinya akan memudahkan kita juga dalam bekerja menggunakan vray sketchup.
Di material option 1, anda ikuti langkah berikut
1. Ganti warna diffuse ke warna hitam pekat.
2. Ganti warna transparant ke warna putih (pure white 255,255,255) yang artinya benar-benar transparan.
3. Klik kanan pada nama material, lalu pilih “Create Layer” -> pilih “Refraction”
lihat gambar berikut
4. Di gambar berikut, kita rubah nilai IOR menjadi 1.33. tapi anda bisa bereksperimen sendiri dengan nilai tersebut. Nilai ini akan berpengaruh pada pembiasan tembus pandang water.
5. Lalu, ubah warna “Color” pada bagian Fog. Warna ini merupakan warna dari air. Anda bisa memilih warna biru muda atau hijau muda sesuai selera. Saat ini, kita coba masukkan warna RGB nya 238,255,255, biru muda yang muda banget.
6. Ubah “Color Multiplier” ke 0.05. nilai ini adalah nilai kepekatan dari warna air yang kita pilih di langkah kelima. Anda bisa bereksperimen sendiri nantinya.
7. Lalu, ubah nilai “Refraction Max Depth” secara default adalah -1, ubah menjadi 5. Settingan ini saya ambil dari settingan material vray di 3dsmax vray. Nilai nya bisa diantara 5 hingga 10.
8. Lalu, apply material tersebut ke object water kita di scene. (disarankan apply ke group dan juga face object didalam group supaya lebih meyakinkan).
hingga langkah ke 7 ini, bila anda render, maka seharusnya akan terlihat seperti gambar berikut
jika dilihat, material sudah hampir mendekati, tapi refleksi/pantulan air nya masih belum ada. Nah, langkah berikutnya ikutin saja.
9. Klik kanan pada nama material water opt1, lalu “Create layer”, pilih “Reflection”.
10. Di tulisan “m” di gambar yang saya tandai nomer 10 itu, klik dan akan muncul window seperti gambar berikut
11. Dibagian kiri, di slider yang secara default adalah “None”, anda pilih “TexFresnel”, lalu ganti nilai IOR menjadi 1.33.
12. Ubah juga nilai “Refract IOR” menjadi 1.33. anda bisa bereksperimen dengan kedua nilai IOR tersebut antara 1.33 sampai 1.55. setelah itu klik “OK” dan window ini akan tertutup.
bila anda render, maka seharusnya
hingga tahap ini, refract dan reflect sudah bisa membuat water terlihat lebih real. Namun kita akan tambahkan lagi noise supaya water terlihat bergelombang.
13. Di material kita option1, lihat di bagian Maps, lalu centang kotak pilihan “”Bump”.
Lalu ganti nilai 1.0 itu menjadi 0.5. nilai ini adalah kekuatan naik turun bump secara vertical. Anda bisa bereksperimen sendiri. Semakin besar, maka riak akan semakin terangkat makin tinggi secara vertical.
lalu klik tanda “m”. di window baru, pilihan None, anda pilih “TexNoise”
14. Di bagian “Size” anda ganti nilai default 1.0 menjadi 8.0. angka tersebut adalah besaran riak air secara horizontal. Semakin besar nilai nya, maka riak akan membesar pula. Ini cocok untuk air di kolam renang. Sedangkan untuk air di laut, anda bisa bereksperimen dengan size 12 sampai 15.
15. Finish. Dan coba render. Maka anda jumpai seperti gambar berikut.
Note: settingan diatas bisa saja berubah atau tidak sesuai apabila ada 1 langkah pun yang tidak sesuai. Untuk hasil lebih baik, dianjurkan anda bereksperimen sendiri untuk menemukan hasil yang lebih real.
————————————————————————–
OPTION kedua
Di option kedua ini, kita coba menggunakan bitmap. Coba ikuti langkah berikut.
16. Klik “Option 2” pada scene manager supaya layar berpindah ke object pool kedua. Disini, kita tidak perlu membuat lagi material option2 dari nol, kita bisa memakai material option1 tadi tapi kita duplikat supaya material option1 tidak hilang.
17. Buka window material vray. Klik kanan di material option1, pilih “Duplicate Material”, sehingga akan terbentuk material baru, rename material ini ke “water option2”. Di material ini, layer “Reflect” dan “Refract” tidak usah kita otak atik lagi, karena settingan nya masih sama. Apply material option2 ini ke water di scene2 di sketchup anda.
18. Di bagian Diffuse, klik tombol “m”, lalu dari pilihan “None”, pilih yang “TexBitmap”. Lihat gambar berikut.
19. Lalu di bagian File, klik tombol “…” dan pilih file dengan nama “option2-caustic-water.jpg” di folder zip yang anda download tadi. Lalu klik “OK”. Maka tombol yang tadi nya “m” akan berubah menjadi “M” yang artinya telah terisi layer bitmap.
20. Dikarenakan transparansi penuh, maka tampilan material JPG tadi tak terlihat pada object. Padahal kita perlu melihat seberapa besar pattern bitmap tersebut, cara nya mudah. Anda rubah warna putih pada Transparancy yang ada di rollout Diffuse menjadi hitam. Maka pattern bitmap akan terlihat, lalu atur besaran nya seperti gambar berikut.
21. Bila sudah sekiranya pas, jangan lupa kembalikan lagi warna transparency hitam yang ada di Diffuse ke warna putih, supaya kembali transparan.
22. Lalu, di bagian bump, klik tombol “M”, ganti pilihan nya ke “TexBitmap” dan masukkan file yang sama seperti bitmap diffuse, yaitu “option2-caustic-water.jpg”. lalu klik “OK” untuk kembali ke window material utama. Lalu anda bisa bereksperimen dengan nilai 0.5 yang ada di bump tadi.
23. Bila dirender, hasil nya seperti berikut.
option2 menggunakan bitmap ini dapat menghasilkan riak air yang random sesuai bentuk yang ada di bitmap yang kita pakai. Tidak monoton seperti di option1.
———————————————————————-
OPTION KETIGA
24. Nah, option ketiga, sebenarnya sama langkah nya seperti option2, namun saya tambahkan displacement. Caranya, klik “Option 3” untuk ganti ke scene ketiga. Lalu buka window material vray, duplicate material opt2 tadi supaya terbentuk material baru, rename menjadi “material option3” dan apply ke object water di scene ketiga.
25. Di bagian Diffuse, klik “M” dan di bagian File, ubah ke file “custom-water-ferry-opt3.jpg”. lalu OK.
26. Untuk melihat pattern bitmap, ganti warna diffuse putih menjadi hitam, lalu atur sedemikian rupa sehingga letak pattern seperti pada gambar berikut.
setelah itu, kembalikan warna diffuse hitam tadi menjadi putih.
27. Lalu, di bagian Bump, masukkan value “0.8”, lalu klik “M” lalu pilih bitmap pattern yang sama, yaitu “custom-water-ferry-opt3.jpg” lalu klik OK.
28. Lalu, di bagian Displacement, centang kotak pilihan displacement, lalu masukkan value nya 0.15. Lalu klik “m” dan pilih “TexNoise”, dan di bagian “Size” masukkan angka 8. Lalu “OK”. Dan bila dirender, akan terlihat seperti gambar berikut
Sekian dari saya, apabila ada kekeliruan, mohon pencerahan dari para pakar.
Settingan ini juga yang saya pakai untuk gambar saya yang ini.
Semoga bisa membantu. Dan terima kasih.
For english version, you can refer to my tutorial Sketchucation or SVR Website.
mula sekali, saya mahu mengucapkan terima kasih atas tutorial ini
saya mahu bertanya, kenapa option yang nombor 7 itu tidak kelihatan di vray saya.? mohon pencerahan
saudara muhamad menggunakan vray sketchup versi berapa?
saya juga ngga nongol yang nomer 7, saya pake versi 1.48.66
“Refraction Max Depth” kok ngga ada, please help, thanks
masa ga ada ? kok aneh ya?
saya pake su 8 jg ga muncul
tutorialnya bagus pa’
………../) )
………/ …/
……./.. ..(__ ____
▓▓…….. ..((_ I___)
▓▓…….. ..((_ I___)
▓▓…….. ..((_ I___)
▓▓—.___( (_I__ )
ia pa’ saya juga mau tanya kenapa option nomor 7 ngga ada ya….?
saya pke sketch up 8 pro….
mohon pencerahannya…
thanks sebelumnya (y)
lho .. masa ga ada juga? waduu .. nanti saya cek lagi pak .. ^^
tutornya mantab dan benar” detail penjelasannya,,,,thx ^^
ini tutorial sangat membantu om dan tutorial lainnya juga….SU user yg banyak membantu perkembangan saya adalah sangguru dan naik level lagi Dirimu Om…GBU
sama2 bang
mau tnya knpa hasil output renderan saya selalu kecil yaa??kecill skali..padahal sudah saya besarkan ukuran output nya, overide view juga sudah dicentang. mohon infonya.Thanks
ow, klo bisa, override view nya jangan dicentang, lalu pilih yang ukuran yang dikehendaki, misalnya 1280×960 saya rasa udah cukup kok ^_^
TErimaksih buat Tutorial airya Gan….., sngt bermanfaat sekali Buat sy…..!
sama2 gan .. ^^
sudah saya save,, thx ya bwt tutorialnya….XD
oke . haizz ^_^
thx tutorialnya sangat2 membantu tugas akhir saya 🙂
sama2 .. semangat ya
mas.. mau nanya juga ni.v ray yang kita download yang biasa itu, masih memerlukan beberapa material vray tambahan ya mas.g bs make material yang udah ada,
bisa pake material yang bawaan sketchup nya bro, jadi, ga harus bikin ulang.
thanks,,mmbntu skali bgi sy
sama2 mas adhi
terimakasih banyak gan,
tutorial ini sangat membantu dan bermanfaat sekali untuk saya.!! 🙂
sama2 mas rio
sangat membantu,,, trima kasih banyak,,,,
sama2 mas loling
mas… hasil renderannya kok beda dengan punya saya ya??
boleh minta settingan vray nya gak? 😀
file *.visopt nya.. please… ^_^
hmm .. sejauh ini sih saya ngga pernah pake visopt sih mas, lebih enak bikin sendiri, sehingga kita tau mana aja parameter yang perlu dan ga perlu diubah .. ^^
Terima kasih banyak untuk tutorialnya, Mas. Saya jadi dapat banyak pembelajaran buat render yang masih minim banget 🙂
Daaan, saya juga tidak muncul utk yg No. 7. Apakah ada kesalahan dalam instal atau vray nya perlu dilengkapi dengan plug-in yang lain? 😦
Terima kasih utk pencerahannya!
hmm .. mungkinkah beda versi ya mba? mbak nya pake versi vray nya versi berapa?
awesome tutor,… saudara di mana lagi saya bisa dapatkan tutorial – tutorial vray SU?
maju trus,……. GBU
banyak sebenarnya bro, coba cari di http://sketchupvrayresources.blogspot.com/
boleh minta link buat vraynya ngak saya blom punya nih om…thx ya
coba ke link ini bro..
http://www.vray.com/vray_for_sketchup/
mantap tutornya, ditunggu tips liianya, btw ana juga gak ada yg no.7 nya gan ane pake 1.48.89 ? trus hasil rendernya juga beda hehehe, newbi 🙂
hmm .. itulah yang saya juga bingung, karena ditempat saya tu ada, dan itu printscreen juga dari vray sketchup nya. mungkin yang saya pake ini versi 1.49 soalnya 🙂
boleh-boleh…mantap!!!! ada tutorial untuk pemula ga?…saya sedang belajar render sketchup terutama untuk pencahayaan dan material kayu. Mohon info. Terima kasih
mungkin nanti mas klo saya lagi lowong waktu, kebetulan masih banyak deadline di kantor 🙂 . thanks uda berkunjung ^_^
makasih tutornya…izin sedot mas….
silahkan mas 🙂
Mas yang no 7. sya jg G ad. sya pke vray1.48.89….hsil rendernya aneh. material untuk lantai kolam jdi Gk ad.
nice…
tima kasih banyak
keren mas bro..
ada tutor yg laen gak?
hehe
belum , sementara baru ini aja 🙂
thank you bos tutorialnye…jadi bertambah lagi ilmunya neh….
sama2 bro
thanks mas tutorialnya sangat membantu, good job !
terimakasih ilmu barunya… semoga bermanfaat
thanks mas tan…. ane nyuba dan berhasil ,, jelas banget tutornya ,,,
kalau ngak sibuk share lagi ya yg lainya ,,, buat belajar ane ney … hehehehee
sekali lagi thanks atas ilmunya semoga membawa berkah untuk semuanya khususnya ente ,,, amiennnnn
aminnn 🙂
stelah saya render kok airnya nggk transparan ya mas? lantai yang di bawah airnya itu nggak keliatan, cuman gelombang2 n pantulan padahal satu persatu cara sudah saya ikuti?
kok di vray material saya yang refraction nya gakda pilihan untuk refraction max deepth ya?? mohon bantuannya
bingung ak gan hg di pakai itu yg di renam pada material apa yang di donlot dari 4shared
om..,saya berenti di nomer 7 nih..,ga ada Refraction Max Depth.nya.. saya pake sketchup 8..,? mohon bantuannya..
kalo begitu, coba abaikan yang step 7 ini
om artvisualizer , sy pake sketup 8 sudah instal vray 8 tp gk bisa dipake juga dan slalu minta lisensinya knapa ya , tolong pencerahannya
hmm .. coba googling aja mas, klo bagi2 lisensi gini ntar nda enak dibaca spam .. 🙂
Gan gmna memindah scene ane blum tau yg opt 1 tu
Wah bagus tutornya gan,.. Tapi kenapa ya material airnya tidak transparan setelah di render pake v ray ?
apa mungkin ada step yang terlewatkan? coba dibaca ulang mas, mudah2an bisa 🙂
thanxs gan…nice tutor..
terima kasih juga 🙂
mohon pencerahan, step no 7 ga ada??
hmm .. mungkin mbak nya pake yang versi lebih tinggi ya? coba step nomer 7 ini dilewatkan saja, lanjutin ke step berikut sampe habis .. semoga berhasil .. 🙂
om, saya kan pake material kayu, trus maunya material kayunya bening biar ada pantulan pake reflection. tiba langsung jadi item material saya pas udah di render. tiap pake reflection di material editor langsung jadi item materialnya. tolong pencerahannya om.???
mau nanya dong, saya nggambarnya menampilkan dimension, setelah render kok dimension nya gak nampak ya. saya pake vray 20025244
karena dimension itu kan secara fisik dia itu berbentuk text. sejauh yang saya tangkap sih begitu ya bro
terimakasih gan……mantep surantep
sama sama gan mukhtarulamin
Makasih gan sangat membantu terutama bagi para pemula spt saya hehe. Sukses terus buat blognya.
sama2 gan imam
Juragagan ..sày memkai sketch up 2015 kenàpa tdk keluar tulisan vray default material
Buat create layer refleksi nya
vray nya udah terinstall kan ya?
gan salam kenal yaa saya mau tanya sedikit,
1 – gambar di atas itu menggunakan pohon kamboja dan palemnya menggunakan photoshop atau PNG skp atau ada model real seperti itu?
2 – SKP 2013 saya kok material mapping nya ke objek kenapa blur ya..? baik itu material berupa JPG atau material dari SKPnya.. mohon bantuan
halo .. salam kenal juga..
untuk kamboja, itu pohon sungguhan .. ada kok di 3dwarehouse ..
untuk material, mungkin pengaruh dari besar kecilnya size map nya .. usahakan itu file jpeg nya jangan terlalu kecil, minimal 800px lah supaya tidak pecah