Render-Auto-Off Script for 3ds Max

Tutorial ini sudah pernah saya tulis di sebuah forum 3d visual, IDVN, dan saya coba untuk menulis ulang disini siapa tahu bisa lebih bermanfaat lagi. Kali ini, ceritanya, saya menemukan sebuat file script untuk software 3ds max, tipe file nya adalah ms. Saya temukan secara tidak sengaja saat saya mendownload sebuah file library di salah satu situs 3d model gratisan. Sayangnya saya lupa nama situs tersebut, karena sudah lama sekali saya mengunduhnya.

Beberapa dari anda mungkin ada yang sudah pernah dengar tentang script ini. Sekilas, ini mungkin hanya script sepele, mengingat ukuran file nya yang sangat kecil, 1 kilobyte, namun setelah saya coba-coba, ternyata manfaatnya sangat berguna sekali buat saya, itu sebabnya saya sharing disini siapa tau bisa bermanfaat juga buat yang lain.

Disebut Auto-Off, karena fungsinya hanya untuk mematikan komputer secara otomatis begitu render selesai. Mungkin lebih cocoknya Auto-Shutdown ? Lalu ? buat apa ? penting nya dimana nya sih ?

Nah, pertanyaan2 sepertin ini lebih baik anda coba dan nilai sendiri, kalau untuk saya pribadi, ini based on pengalaman pribadi, dimana setiap render scene yang berat-berat, selalu komputer itu saya tinggalkan dalam kondisi hidup (masih proses render), apalagi untuk pengguna mentalray yang notabene dengan settingan yang medium keatas membutuhkan waktu yang cukup lama untuk me-render 1 frame gambar.Dan untuk render mental ray, time estimate nya tidak berfungsi, sehingga kita tidak bisa tahu kapan kira-kira render ini bakalan selesai.

Nah, dengan adanya bantuan script ini, begitu kita aktifkan, maka pada saat render sudah selesai maka komputer akan mati dengan sendirinya, sehingga, walaupun kita tinggal komputer pada saat render pun tidak masalah, listrik juga tidak terbuang banyak kan. Bagi yang memakai vray, estimate time render masih bisa berjalan, namun tidak ada salahnya anda boleh coba script ini sehingga anda bisa bebas meninggalkan komputer yang lagi render tanpa beban apapun.

Cara memakai nya gampang aja, tinggal anda masuk ke Render Setting (F10), di bagian tab “Common”, di rollout “Script”, masukkan file script “render-auto-off.ms” ke tempat “Post Render“. Jangan sampai terbalik, karena ada 2 tempat, PreRender dan PostRender. PreRender berarti script berjalan sebelum render selesai, sedangkan PostRender berarti script berjalan saat render selesai. Lihat screenshot dibawah ini :

pola penempatan file script

Yang perlu diingat, jangan lupa save image akhir hasil render anda, dan save file max nya sebelum me-render, karena, begitu render selesai, script ini akan berjalan, maka komputer akan mati dalam waktu sekian detik dan TIDAK BISA DIBATALKAN/DICANCEL.

Untuk file ini, bila anda buka menggunakan Notepad, disitu akan terlihat value 20, menandakan 20 detik sebelum komputer shutting down / mati, parameter ini bisa diubah sendiri bila dirasa waktu 20 detik itu kurang.

komputer shutdown saat script bekerja

Dari gambar diatas, Hingga detik ke 00:00:00 maka komputer akan shutdown. Ini sudah di tes di 3ds max versi 2009, 2010 dan 2011, semuanya jalan. Artinya, bisa berlaku juga untuk 3ds max versi yang lama, mengingat ini script hanya penghantar command prompt dari 3ds max ke sistem windows kita.

Bila anda ingin coba, anda bisa download di :

http://www.4shared.com/file/ZsGCLQ4K/render-auto-off.html

atau anda bisa bikin sendiri di notepad dengan isi nya seperti berikut:

doscommand “shutdown -s -f -t 20”

lalu tinggal Save As dengan nama file render-auto-off.ms

Moga2 bermanfaat ya. Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan isi form di bawah ini. terimakasih.

Ferry

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s