Tips Melamar Pekerjaan Via Email

emailDi zaman teknologi secanggih ini, banyak kemudahan yang ditawarkan melalui internet, salah satunya yakni kini banyak perusahaan yang membolehkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email atau surat elektronik. Adakah diantara anda yang pernah mencoba ?

Bagi Anda calon karyawan, tentunya hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengirimkan lamaran secara cepat dan tepat. Tidak hanya itu, jika Anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah Anda dapat mengkopi email lamaran Anda sebelumnya dan menyesuaikannya dengan perusahaan yang dituju. Sehingga tidak perlu repot-repot untuk menulis ulang.

Namun, apakah mengirim surat lamaran melalui email sama dengan surat lamaran yang dikirim tertulis melalui Pak Pos ? Tentunya tidak banyak berbeda, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini tipsnya!

1. Singkat & Jelas

Judul yang surat lamaran via email harus singkat dan jelas. Misalnya, “Lamaran untuk Posisi Reporter Televisi”. Jangan lupa, baca dengan cermat, iklan lowongan kerja yang kerap kali meminta Calon Karyawan, menuliskan kode tertentu di judul atau subyek email Anda.

2. Cantumkan Foto

Tak perlu mencantumkah foto dengan tingkat resolusi super / tinggi, karena akan mempersulit pihak HRD untuk membuka File Foto tersebut. Namun juga jangan terlalu kecil, inti nya sesuai kan dengan ukuran 4×6 pas foto.

3. Gaya Bahasa

Gunakan gaya bahasa yang sederhana dan singkat. Tak ada staf HRD yang mau membuang waktu untuk membaca surat lamaran dengan bahasa yang berbunga-bunga bak sastrawan dan kalimat yang panjang hingga sampai 2 halaman.

4. Data Diri lengkap

Cantumkan Bio Data yang lengkap. Mulai dari Alamat rumah, hingga nomor telpon genggam dan nomor telpon rumah Anda. Namun juga jangan mencantumkan Bio Data yang dirasa tidak perlu, misalnya cita-cita, zodiak, dsb.

Sebelum mengirim, pastikan alamat yang dituju sudah benar, terutama alamat emailnya. Lalu, tidak ada salahnya anda mengisi alamat email anda sendiri di bcc supaya anda punya backup dari surat tersebut.

Setelah mengirim surat lamaran via email, rajin-rajinlah membaca / mengecek email yang masuk. Siapa tahu surat lamaran Anda dibalas surat panggilan wawancara kerja.

Advertisements

12 comments on “Tips Melamar Pekerjaan Via Email

  1. Bagi HRD sendiri memang lebih praktis menerima surat lamaran dalam bentuk email, lebih mudah untuk disimpan dalam database jika sewaktu2 diperlukan, lebih gampang di-trace. Kalau mengenai teknis2 penulisannya ya kurang lebih sama saja isinya dengan mengirim surat lamaran berbentuk hard copy.

    Oh iya, link-nya sudah saya masukkan di sini http://www.sheillaluciana.net/thediary/links/, makasih ya.

  2. di zaman teknologi internet sekarang, pengiriman surat lamaran juga lebih praktis melalui media ini. selain lebih cepat, juga efisien dalam penggunaan sumber daya dan ekonomis. hehe… green living, toh? πŸ˜‰

    thanks for dropping by my blog.

  3. Jangan pernah berhenti kalo untuk melamar pekerjaan, seperti pengalaman saya lebih dari 4 minggu hampir 100 surat lamaran pekerjaan yang terkirim dan akhirnya datang juga yang diharapkan, ^_^…V thanks infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s