Pasca Ledakan JW Marriot II, Bali Ditetapkan Siaga Satu

baliSungguh tragis memang kondisi negara kita ini. Nyawa melayang dengan sia-sia akibat insiden ledakan JW Marriot II. Dampak yang diakibatkan sangat fatal, selain korban jiwa, juga berimbas pada gangguan di beberapa sektor baik perekonomian, pariwisata, hankam, dsb. Pasca mulculnya ledakan cukup dahsyat dengan jatuhnya korban tewas dan luka-luka di dua lokasi di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Provinsi Bali kini dinyatakan dalam status siaga satu seperti yang dilansir oleh MetroTV.

“Kami nyatakan Bali dalam status siaga satu. Ini artinya semua aparat kepolisian yang bertugas harus dalam kondisi siaga ekstra ketat di wilayahnya masing-masing,” kata Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Polisi T. Ashikin Husein di Denpasar, Jumat (17/7).

Ia menyebutkan, status siaga satu bagi Bali sebetulnya masih berlangsung dan belum dicabut terkait penyelenggaraan pilpres yang baru lalu. “Status ini sebetulnya tinggal meneruskan saja. Namun demikian, lebih tegasnya kami kembali nyatakan Bali dalam status siaga satu pascamunculnya kasus ledakan dengan merenggut korban di Jakarta,” tegasnya.

Berkenaan dengan status seperti itu, hampir di sejumlah lokasi penting kini tampak dijaga ketat petugas kepolisian. Penjagaan cukup ketat dengan melibatkan petugas berseragam dan berpakaian preman itu tampak dilakukan di sejumlah pintu masuk Bali seperti Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Padangbai, Celukanbawang dan Pelabuhan Benoa.

Selain itu sejumlah petugas juga tampak ditempatkan di lokasi-lokasi vital seperti Depot Pertamina Sanggaran dan Manggis, instalasi PLN, pasar swalayan dan tradisional serta aneka perkantoran milik pemerintah dan perwakilan negara asing yang cukup banyak terdapat di daerah Renon, Denpasar.

“Begitu kami mendapat informasi tentang adanya ledakan yang diduga bom di dua lokasi di Jakarta, kami langsung perintahkan petugas untuk meningkatkan upaya pengamanan,” ujar Irjen Ashikin.

Peningkatan keamanan tersebut tidak hanya dilakukan dengan menyiagakan petugas dalam jumlah yang cukup di lokasi-lokasi yang dianggap rawan aksi kejahatan, tetapi juga lewat pengerahan satuan untuk berpatroli. Patroli utamanya dilakukan ke sejumlah tempat yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, ucapnya.

Untuk mencegah munculnya aksi serupa seperti yang kini meletus di Jakarta, kata dia, petugas yang disiagakan, terutama di sejumlah pintu masuk Bali juga diperintahkan untuk melakukan pemeriksaan atas barang yang dibawa masuk ke Pulau Dewata. Namun demikian, lanjut Kapolda, sejauh ini pihaknya belum mencium tentang adanya gelagat yang kurang menguntungkan yang telah berhasil masuk menyusup ke Bali.

“Kami belum melihat adanya jaringan teroris yang telah berhasil nyusup ke mari. Kendati begitu, petugas tetap dikerahkan untuk melakukan berbagai upaya yang diperlukan,” katanya.

Advertisements

6 comments on “Pasca Ledakan JW Marriot II, Bali Ditetapkan Siaga Satu

  1. LAcur emang nih bomber semua.. Mereka gak nyadar kalo ada yg namanya efek2 domino dr apa yg mereka kerajakan. Tetep, menurut saya, bumi hangus bukan jalan keluar dari segala permasalahan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s