Banyak Sektor Terancam Pasca Ledakan JW Marriot

bom2Tidak ada tanda-tanda apa-apa sebelum terjadi sebuah ledakan di beberapa tempat di sekitar Hotel Marriot Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat 17 Juni 2009 ini. Korban berjatuhan, jumlahnya bertambah satu demi satu. Tentunya hal ini membuat Indonesia makin terpuruk atas rentetan tragedi ledakan yang berdampak negatif bagi sebagian besar sektor kehidupan bangsa.

bromoDi sektor pariwisata, tentu sangat terpukul atas insiden seperti ini. Para pemangku usaha pariwisata di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, mengkhawatirkan dampak peledakan bom yang terjadi di Jakarta itu. Dipastikan akan ada penurunan jumlah wisatawan mancanegara.

“Kalau untuk musim puncak tahun ini, wisatawan telah memesan travel dan hotel. Jadi, kemungkinan di Bromo tidak akan terlalu berpengaruh. Tapi setelah musim puncak, yakni mulai Oktober nanti, bisa jadi terjadi penurunan,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Kabupaten Probolinggo Digdoyo.

Peledakan bom itu sangat disesalkan para pelaku usaha pariwisata. Pasalnya, hal itu bisa kembali menjatuhkan dunia wisata di Indonesia ke titik nadir sebagaimana terjadi pascapeledakan bom di Bali.

Menurut Digdoyo, jumlah wisatawan manca yang berkunjung ke Indonesia, setidaknya ke Bromo, terus menunjukkan tren positif pada tahun-tahun terakhir. Pada tahun ini, jumlah wisatawan ke Bromo adalah yang terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya pascapeledakan bom Bali.

Musim puncak tahun lalu, tingkat hunian hotel di kawasan wisata Gunung Bromo tercatat 60 persen. Sementara tahun ini mencapai 90 persen.

marriot-2009-2Tidak hanya di Jatim, pariwisata Bali pun ikut panik. Pengalaman menjadikan masyarakat, khususnya polisi dan perhotelan, khawatir. “Apakah ini terkait terorisme? Kami sudah pasti khawatir,” kata Konsul Jepang, Hasuka Akio. Ia pun bergegas pergi ke kantor Polda Bali untuk memastikan keamanan dan jaminan dari polisi. Baginya, keterangan Kapolda Bali sangat penting baginya.

Hingga siang ini, selain Akio, pihak perhotelan juga memberondong pertanyaan kesiapan polisi adanya ancaman teroris. Asosiasi Hotel Bali, Djinaldi Gosana, pun meminta jaminan Kapolda Bali Irjen T Ashikin agar menyebar hingga menambah pasukannya.

Bali sendiri pernah diguncang ledakan di Kuta pada 2002, dan 2005 di Kuta dan Jembrana.

rupiahDi sektor ekonomi perdagangan, kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, pada pagi ini turun tajam sebesar 75 poin karena aksi lepas rupiah. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turun menjadi Rp 10.165-Rp 10.175 per dollar AS dibanding penutupan hari sebelumnya, Rp 10.090-Rp 10.105.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga, di Jakarta, mengatakan, ledakan bom yang menimbulkan korban jiwa itu diharapkan tidak akan memberikan pengaruh negatif terhadap investor asing yang akan masuk ke pasar domestik. Ia mengatakan, investor asing diharapkan akan meningkatkan investasi di dalam negeri dalam upaya mendorong ekonomi nasional agar pertumbuhannya bisa lebih tinggi.

Belum lagi di sektor Hankam nasional yang mana peristiwa ini menjadikan Indonesia harus lebih menyadari bahwa lengah sedikit saja, maka insiden serupa tidak bisa dipungkiri bisa terjadi lagi. Peningkatan petugas keamanan di titik-titik rawan nampaknya perlu ditinjau kembali. Kerjasama antara masyarakat dengan pihak berwajib harus lebih terjaga demi menciptakan keamanan dan keselamatan bersama.

marriot-2009-1Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo mengatakan, akan ada penurunan volume penumpang untuk sektor penerbangan rute internasional, terkait ledakan di Mega Kuningan yang diduga akibat bom. Tapi, volume penumpang itu hanya akan turun sedikit.

“Tentu akan ada kekhawatiran dari warga negara asing untuk terbang ke Indonesia, sebelum jelas apa penyebab ledakan. Tapi, saya yakin kondisi (penerbangan) segera membaik,” kata Dudi, Jumat (17/7) kepada Kompas.

Sebenarnya, grafik jumlah penumpang internasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2008 lalu, tercatat 4,1 juta orang, tahun 2007 tercatat 2,99 orang, tahun 2006 tercatat 2,73 juta orang.

“Kini yang terpenting, maskapai juga memainkan peran sebagai public relation yang baik bagi Indonesia,” kata Dudi. Indonesia tak hanya Jakarta, tetapi juga ada tujuan menuju Bandung, Yogyakarta, dan tentu saja Bali.

Hingga kapan seperti ini akan terus terjadi ? Sadar lah wahai kawan2ku…

Advertisements

One comment on “Banyak Sektor Terancam Pasca Ledakan JW Marriot

  1. Pingback: Pasca Ledakan JW Marriot II, Bali Ditetapkan Siaga Satu « Artvisualizer Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s