Amsterdam, Kota Pertama Yang Akan Disinggahi Garuda

amsterdamSalah satu negara kincir angin, Belanda dengan ibukotanya,  Amsterdam, akan menjadi kota pertama yang diterbangi pesawat dari perusahaan penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia, hal ini menyusul dicabutnya larangan terbang Uni Eropa (UE) atas empat maskapai Indonesia. “Amsterdam punya pasar yang besar. Kota lain yang akan kita bidik adalah Frankfurt, Jerman, dan Perancis,” kata Kepala Komunikasi Perusahaan PT Garuda Indonesia, Pujobroto, di Jakarta, Senin.

Ia juga mengatakan, Garuda Indonesia terpaksa harus menutup rute Amsterdam pada 2004, yang kemudian diikuti penutupan rute Frankfurt, karena kedua rute dinilai tidak kompetitif. Pujobroto menegaskan dipilihkan Amsterdam sebagai rute perdana Garuda ke Eropa antara lain karena pertimbangan pasar serta hubungan historis. “Sebagai alternatif untuk terbang perdana ke Amsterdam pada semester pertama 2010 nanti, kemungkinan kami akan gunakan pesawat A 330-200,” katanya.

Perusahaan maskapai penerbangan milik pemerintah itu menurut rencana akan terbang kembali ke Eropa pada semester pertama 2010, menyusul adanya pencabutan larangan terbang Uni Eropa (UE) atas empat maskapai Indonesia yakni Garuda, Mandala Airlines, Airfast Indonesia, dan Premiair. Sementara itu untuk membuka kembali rute Eropa, menurut Pudjobroto, Garuda Indonesia akan melakukan sejumlah perbaikan kualitas layanan di antaranya menggunakan pesawat baru yakni jenis Boeing 777. “Kami sudah menyiapkan sebanyak 10 unit pesawat Boeing 777 pesanan Garuda secara bertahap akan datang pada akhir tahun 2010 atau awal 2011,” katanya.

Kunjungan wisman Belanda ke Indonesia pada Januari-Mei 2009 sebesar 9.639 orang atau tumbuh sekitar 6,07 persen dibanding periode sama tahun 2008. Sedangkan wisman dari Jerman tercatat sebanyak 10.464 orang atau turun 1,50 persen dibanding Januari-Mei 2008 sebanyak 10.623 orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s