Berobat Via Internet On-Line

dokterBicara tentang Teknologi tentu tidak bakal ada habisnya. Dari masa ke masa, teknologi akan terus berkembang, tidak hanya untuk bidang komputer, namun juga teknologi di bidang kesehatan manusia. Kali ini ada yang unik dari cara pelayanan kesehatan, dimana disebutkan bahwa kini layanan kesehatan pun juga bisa dilakukan via internet secara real time. Benarkah ?

Betul. Seperti yang dilansir pada sebuah situs baru di Inggris yang beralamat di www.healthtalkonline.org, situs ini hadir guna memberikan layanan konsultasi kesehatan secara online, dimana pengakses dapat berinteraksi dengan para ahli kesehatan layaknya mereka berhadapan langsung dengan dokter tanpa harus sering-sering mengunjugi klinik atau rumah sakit.

Hal ini tentunya dipandang sebagai suatu pembaharuan penting di bidang konsultasi kedokteran. Beberapa tahun lalu ketika seorang pasien didiagnosa memiliki penyakit, pasien itu harus datang berkonsultasi langsung dengan dokter atau perawat kemudian diminta untuk datang lagi beberapa waktu kemudian untuk mengetahui perkembangan kesehatan pasien.

Agar konsultasi kesehatan berjalan efisien, para ahli kesehatan di Inggris telah memikirkan cara untuk menghadirkan layanan konsuiltasi kesehatan secara online. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Sabtu (4/7/2009).

Healthtalkonline didirikan atas bantuan dana dari Oxford University. Sebelumnya, banyak situs-situs sejenis yang menawarkan layanan konsultasi kesehatan. Namun Healthtalkonline mengklaim mereka menawarkan jasa konsultasi yang berbeda dibandingkan situs lainnya. Pasalnya, situs ini menawarkan interaksi antara dokter dan pasien secara real-time. Sehingga layanan konsultasi benar-benar seperti berhadapan langsung dengan dokter.

Healthtalkonline

Tak heran beberapa profesional dan selebritis Inggris langsung tertarik dengan situs ini. Diantaranya adalah Thom Yorke, pentolan grup band asal Inggris Radiohead dan penulis ternama Philip Pullman. Keduanya mengaku sama-sama terbantu untuk tetap bisa mengetahui perkembangan kesehatan di sela-sela jadwal yang padat tanpa harus intens berkunjung ke rumah sakit.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ? hmm.. tunggu tanggal main nya. hehee….

Advertisements

11 comments on “Berobat Via Internet On-Line

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s