Yoga Mampu Atasi Berbagai Macam Penyakit

yogaBagi Anda yang menderita sakit tulang belakang atau sering mengalami nyeri pada bagian punggung, berikut ada kabar gembira buat Anda. Baru-baru ini peneliti di Amerika membuktikan bahwa latihan yoga secara teratur dapat memulihkan kondisi tulang belakang yang tidak normal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 101 orang responden yang menderita penyakit tulang belakang akut, ditemukan bahwa setelah mengikuti terapi yoga secara teratur selama 12 minggu, ternyata kondisi mereka berangsur-angsur membaik.

Meskipun tingkat kesembuhannya sangat bervariasi sesuai dengan rutinitas latihan masing-masing orang, namun latihan yoga terbukti mampu memberikan hasil yang lebih cepat dibanding metode-metode terapi pengobatan lainnya.

Menurut kepala proyek penelitian ini, Dr. Karen J. Sherman, dampak penyembuhan tersebut sangat dimungkinkan karena latihan yoga tidak hanya mengutamakan unsur fisik semata, namun juga melibatkan ketenangan batin dan pikiran. Ia juga menambahkan, sebaiknya para penderita penyakit tulang belakang membatasi diri pada gerakan-gerakan yoga yang sederhana dan ringan saja. Tidak perlu melakukan gerakan yang sulit, karena dikuatirkan kondisi penyakitnya malah jadi semakin parah.

Lalu gerakan yoga apa yang paling cocok bagi penderita sakit punggung atau tulang belakang? Menurut hasil penelitian itu, ternyata gaya viniyoga adalah yang paling bagus diterapkan, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan fisik setiap orang. Dalam hal ini, viniyoga lebih memfokuskan pada kesinambungan antara gerakan tubuh, pernapasan dan konsentrasi pikiran. Sehingga, para penderita sakit tulang belakang akan lebih peka terhadap gerakan dan posisi badan yang benar setahap demi setahap. Dan menurut Dr. Karen, itulah kunci awal dari kesembuhan mereka.

Sampai saat ini ada sebanyak 14 juta orang Amerika yang memilih terapi yoga sebagai alternatif pengobatan bermacam-macam penyakit kronis. Namun, dalam berbagai publikasi kesehatan di negara-negara Barat justru belum ada satu pun yang membahas tentang pengaruh latihan yoga terhadap pengobatan penyakit tulang belakang.

Meskipun demikian, terapi yoga tidak selalu cocok untuk semua penyakit akibat kelainan pada tulang belakang, seperti cedera pada cakram tulang belakang misalnya. Tetapi untuk orang-orang yang menderita sakit punggung akibat kelainan otot, jaringan halus dan syaraf, terapi yoga tetap merupakan pilihan yang tepat dari segi efisiensi maupun efektivitasnya. Jadi, tak ada salahnya kan dicoba?

Advertisements

11 comments on “Yoga Mampu Atasi Berbagai Macam Penyakit

    • tidak semua yang masuk SPAM itu saya hapus, selama masih wajar, saya pasti approve kok, udah banyak yang komen masuk SPAM, tapi saya cek masih dalam tahap kewajaran, dan saya approve.. 🙂

  1. Met mlem.. Maaf OOT..
    Saya minta dukungannya di kontes ngeTop ngeTren yaa sob.
    Caranya gmpg banget,, cuma pokoknya kasih komentar di postingan saya..
    Makasih sebelumnyaa.. 🙂

  2. Penyakit degeneratif apa lagi yg manjur dengan Yoga…? dan apa jenis Yoga-nya…. (kalau dari hasil pengujian/tes karakter yg saya ikuti, saya cocoknya Yoga Iyengar, atau Anusara, atau Viniyoga).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s