Kobian, Robot Pertama yang Memiliki Emosi

kobian_00Bayangan kita tentang robot pasti hanyalah seperangkat teknologi yang kaku, dingin dan tanpa ekspresi. Namun hal ini ternyata tidak benar. Perkembangan teknologi di era modern bisa mengubah apapun menjadi mungkin. Termasuk mengubah perangkat robot yang tanpa ekspresi menjadi benda hidup yang memiliki perasaan layaknya manusia.

Adalah Kobian, robot sensitif yang bisa merespon ucapan dan tindakan yang dilakukan manusia kepadanya. Ilmuwan dari Universitas Waseda bekerjasama dengan perusahaan produsen robot Tsmuk Ltd menciptakan robot yang bisa tertawa, menangis, malu bahkan mengeluh. Ada tujuh macam ekspresi emosi yang dapat ditunjukkan Kobian, yaitu gembira, terkejut, sedih, benci, marah, bingung dan bahagia.

TG Daily, Jumat (22/5/2009) melansir, penciptaan robot ini merupakan pengembangan dari konsep pembuatan robot yang pernah ada. Sebelumnya, tim pengembang robot Paranoid Android di Douglas Adams’ Hitchhiker’s mengalami kebuntuan ketika ingin menciptakan robot yang memiliki emosi.

Kobian pertama kali diluncurkan dalam sebuah konferensi komunikasi komputer pada 2008 sebagai perawat orang lanjut usia. Awalnya, Kobian hanya dapat mengekspresikan emosi pada kepalanya saja, namun para ilmuwan akhirnya menambahkan gerakan tubuh lainnya, baik badan, kaki maupun tangannya. Terobosan itu dilakukan setelah para pengguna Kobian sulit menginterpretasikan emosi yang diperlihatkan robot tersebut.

kobian_01 kobian_02 kobian_03 kobian_04

Ilmuwan dari Universitas Waseda kemudian mengmbangkan rancangan ini. Pada akhirnya, terciptalah Kobian yang bisa menampakkan tujuh macam ekspresi emosi seperti manusia. Wajah Kobian diatur oleh sejumlah penggerak yang bisa mengubah ekspresi sesuai suasana emosinya secara otomatis.

Karena bisa sangat dekat dengan manusia, Kobian dijadikan sebagai salah satu pelengkap fasilitas di rumah sakit untuk menghibur dan merawat psikologi orang-orang yang sedang sakit. Penciptanya mengklaim Kobian merupakan terobosan mutakhir dalam teknologi robot. Dengan semakin berkembangnya teknologi robot, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang tingkah robot akan bisa sangat mirip dengan manusia.

Advertisements

19 comments on “Kobian, Robot Pertama yang Memiliki Emosi

  1. hmmmm…. lama-lama peran manusia bisa di alihkan ke robot semua kali yah…
    kalo di terapkan di industri entar pegawai manusia pada di PHK semua nggak yah…??? dengan kehadirannya robot…..

    salam kenal mas, makasih dah mau berkunjung yak….

  2. Waaaaaah.. takuuut aaaah.. kalau dia ngamuk berabeeee yaaaa.. ditonjokin robot bis mateeeeeee.. hehehe
    Salam Sayang

  3. serem ah kalau lagi sakit dihibur si kobian ini… anyway, sy jg pernah lihat robot yg mirip banget manusia, yg dijadikan respsionis pada pameran di Tokyo awal tahun ini.. robot cewek pake lipstik segala, tp lupa namanya apa..meski cantik, keukeuh serem juga, ga ada ekspresi..

  4. sehebat-hebatnya robot,lebih kompleks dan unggul manusia..lha yg nyiptain robot manusia,jgn sampe manusia digantikan robot,tp ga tau lagi beratus-ratus tahun lagi,bisa2 ada dunia robot..haha..

  5. Teknologi makin edan, tapi mustahil manusia bisa mencipta manusia, semuanya tak akan melebihi kekuasaan Alloh… Yg diperlukan cuma waspada, yang akan datang peran manusia akan tergantikan dengan robot-robot jenis kobian itu…

    Salam sama Kobian Mas… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s