Siapa bilang Flash Tidak SEO Friendly?

flash-SEOBanyak mitos yang mengatakan bahwa Flash yang tidak ramah SEO (SEO friendly), namun ini sebenarnya adalah tidak benar. Seperti yang kita ketahui,membuat konten websitem yang dapat diakses kilat oleh mesin pencari (search engine) sangat penting bagi Anda untuk menjaga keberadaan online Anda dan mengarahkan trafik ke situs Anda. Berikut ini tips bagi pengguna Flash untuk dapat terindeks cepat di mesin pencari.

Tambahkan konten SWF ke dokumen HTML anda

Sebuah cara untuk menjamin bahwa SWF konten dijemput dan masuk peringkat di mesin pencari adalah mengambil konten dan tempat ke dalam sumber HTML halaman anda. Tool seperti Dreamweaver menggunakan SWF Object untuk menanamkan Flash. Kode yang terlihat pada Dreamweaver menunjukkan tempat dimana anda meletakkan/menambahkan alternatif HTML content tersebut.

Usahakan agar URL anda adalah “unik”

Jika situs Anda hanya satu gumpalan besar Flash di HTML template, halaman Anda tidak pernah di-refresh. Pertimbangkan untuk memiliki URL yang berbeda untuk setiap halaman situs yang berkonten Flash. Setiap halaman dianjurkan memiliki sumber HTML judul, “H1” dan body / isi yang berisi kata kunci yang Anda gunakan sebagai keyword (kata kunci) untuk diindeks di mesin pencari.

Inisiatif untuk tetap ‘up to date’

Adobe telah bekerja sama dengan Google dan Yahoo! supaya format file Flash (SWF) masuk dalam SEO friendly. Hal ini akan memungkinkan mesin untuk melihat apa yang di dalam isi SWF dan meng-indeks-nya. Namun, penggunaan teknologi Flash Player oleh mesin pencari ini masih dalam tahap pengembangan sehingga tidak dapat diandalkan sebagai satu-satunya langkah untuk mengoptimalkan proyek anda untuk SEO.

Tambahkan teks pada Flash anda

Peningkatan Flash SEO sederhana juga dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat tambahan Flash, dihasilkan dalam kreasi teks atau animasi teks. Anda dapat melakukan hal ini menggunakan teks yang merupakan flattened bitmap. Teks pada Flash dapat berisi pesan berbasis kata kunci, yang membantu meningkatkan lalu lintas / trafik anda. Masukkan teks di sumber HTML halaman anda juga.

Spider mesin pencari sangat membenci pop-up

Usahakan untuk tidak menggunakan pop-up window pada website anda kecuali untuk hal-hal tertentu yang menurut anda itu adalah penting untuk memakai pop-up. Hal ini dikarenakan robot mesin pencari seperti Gooogle tidak membaca isi halaman yang sifatnya pop-up. Disisi lain, tidak semua browser mengijinkan adanya pop-up, dalam artian bahwa banyak kaum pengguna internet yang mengaktifkan fitur “Pop-up Blocker” untuk menghindar SPAM dan sebagainya. Jelas hal ini akan mubazir bila keyword kita berada pada halaman pop-up.

Manfaatkan bantuan Robotic

Robots.txt yang sering kita temui di root website kita terkadang sering kita abaikan. Meskipun file ini hanya berisi file teks biasa, namun file inilah yang akan memberitahu / memberi ijin pada bots pencarian konten, memberi batasan pada siapa saja yang boleh mengakses situs kita. Jika anda pengguna website berkonten teks Flash, anda dapat mengatur Robots.txt file ke SWF mengabaikan konten dan push supaya hanya konten HTML untuk pencarian bots.

Cadangkan halaman HTML sebagai pengganti Flash anda

Terkadang ada beberapa browser pada user yang tidak dapat mengakses konten situs berbasis Flash. Maka, dianjurkan agar anda menyiapkan halaman berbasis HTML untuk mengantisipasi supaya user yang tidak bisa membuka Flash, namun masih tetap bisa surfing ke situs anda, walaupun secara tampilan tentunya akan sedikit banyak berbeda dengan tampilan asli flash anda.

Oke, segitu dulu dari saya. Semoga banyak membantu, dan apabila terjadi kesalahan persepsi, mohon dikonfirmasikan disini, karena kita semua disini tentunya untuk bisa belajar bersama.   🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s