Elemen dalam desain

elemenBila bicara tentang desain, pikiran kita pasti tertuju pada suatu karya dengan penuh ekspresi. Desain memiliki makna yang universal. Desain juga bisa masuk ke berbagai bidang, entah itu desain untuk suatu produk, desain untuk bangunan, desain untuk karya ilmiah, ataupun desain untuk suatu presentasi seperti website online. Dalam mendesain, tentunya juga perlu diperhatikan elemen-elemen tertentu yang terlibat didalamnya sehingga tercipta suatu karya yang dapat dinikmati oleh semua orang. Kali ini, beberapa elemen dasar dalam desain untuk kaitannya dengan perencanaan suatu website diantaranya :

1. Baris dan Paragraf

Istilah tersebut tidak merujuk kepada pena dan tinta atau sketsa pensil, tetapi lebih pada batas, frame dan aturan pada konten suatu website. Vertikal atau horizontal, tebal atau tipis, biasa atau luar biasa, mereka membantu menetapkan dan membatasi ruang sekitar berbagai elemen pada halaman Anda. Penataan yang benar pada baris dan paragraf menyebabkan lebih mudah untuk dibaca dan terarah secara keseluruhan.

2. Bentuk

Bentuk atau kontur pada desain anda adalah bentuk. Umumnya layout memiliki bentuk kotak atau bujur sangkar, namun meskipun ini adalah keharusan, bentuk lain seperti lingkaran pun boleh jadi dapat menambah kesan tersendiri. Anda juga dapat memadukan beberapa gambar kedalam bentuk layout anda.

3. Tekstur

Tekstur merupakan sebuah “permukaan” rasa, dan berkenaan dgn hal pencetakan. Tekstur pada layout dimaksudkan untuk menyiarkan atau menyuratkan suatu hal secara visual. Dalam website desain, tekstur bisa tersermin pada pemilihan background misalnya.

4. Warna

Warna mungkin adalah elemen yang paling mendasar dari seorang desainer. Melalui pilihan warna yang tepat dan harmonis, akan tercipta suasana tersendiri yang bisa tercurah melalui media visual. Tentunya hal ini tidak lepas dari taste / rasa yang dimiliki oleh si desainer. Dibutuhkan latihan yang rutin untuk mengenal dan menguasai taste anda.

5. Arah

Pada majalah atau pada layar komputer, biasanya arah ini memiliki rasa gerakan. Desain yang baik akan membawa mata pembaca melalui desain, dengan perubahan warna, bentuk, dan penempatan kalimat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s