Review WordPress versi anyar, 2.8 “Baker”

Udah pada tau kan ? wordpress rilis terbaru versi 2,8 Baker sudah keluar, dan bisa didownload secara gratis di situs resmi WordPress.org. Bila disandingkan dengan versi lawasnya, yaitu versi 2.7, untuk versi 2.8 ini bisa dibilang tidak terlalu banyak perubahan, namun bukan berarti tidak pantas untuk kita pakai. Tetap ada beberapa hal yang telah diperbaharui / disempurnakan pada versi 2.8 ini, sehingga menurut saya, emang patut bagi kita untuk upgrade ke versi yang lebih baru tersebut.

Hal paling terasa berubah yaitu :

Fungsional pengaturan themes
Disini, bila anda lihat gambar berikut, maka disana terdapat tambahan 3 link, yaitu Activate | Preview | Delete. Artinya, dari sini kita lebih mudah dalam menyeleksi template secara langsung, bila dibanding versi lama, kita harus klik dahulu theme itu untuk menyeleksi.

wordpress_review_01

Fitur lain, yaitu pemaksimalan tampilan dan coding pada menu edit Editor. Bisa dilihat pada gambar berikut, dimana disana terdapat tambahan angka baris (nomor urut) sehingga memudahkan untuk melakukan pengeditan. Selain itu, versi baru ini juga dilengkapi “syntax highlighting” seperti yang kita jmpai pada software-software editor umumnya, tentunya bagi para advance, fasilitas ini akan sangat menguntungkan sekali.

wordpress_review_02

Fitur lain, adanya perubahan pada tampilan pemilihan Widgets, dimana disini adanya kemampuan “drag and drop” langsung dari pilihan widgets untuk bisa di-drag ke sidebar kanan. Bisa dilihat pada gambar berikut ini.

wordpress_review_03

Fitur yang tidak kalah pentingnya yaitu ada nya tambahan sub-menu pada menu “Appearance”, sub-menu tersebut yaitu “Add new Themes” dimana begitu kita klik sub-menu tersebut, akan terlihat tampilan (lihat pada gambar berikut) pilihan komponen yang kita inginkan, yang kemudian berfungsi untuk mencari theme yang sesuai dengan pilihan kita. Begitu kita klik “Find Themes”, maka akan terhubung dengan situs http://wp-themes.com/, lalu tinggal install deh. Wow, praktis dan mudah bukan ?

wordpress_review_04

Fitur lain yaitu ada nya “screen options” di semua halaman admin, dimana bila kita lihat versi lama, menu “screen options” yang ada di pojok kanan atas hanya terlihat di halaman Dashboard. Nah, untuk versi yang baru ini, menu tersebut akan terlihat di setiap halaman admin anda. Tentunya hal ini memberikan nilai tersendiri dalam pemakaian halaman admin pada wordpress.

wordpress_review_05

Fitur yang terakhir, ini boleh dibilang masih rencana ke depan, yaitu adanya koneksi langsung dengan vendor penyedia template wordpress versi premium, yang bisa dibeli dan diinstall langsung via menu “Appearance” tadi. Tentunya untuk hal ini, kita kudu menyiapkan kocek, karena namanya aja premium, yang artinya berbayar. hahaha.

Documentasi original WordPress versi 2.8 bisa dilihat di http://wordpress.org/development/2009/06/wordpress-28/.

So ? tunggu apalagi, upgrade aja deh bagi yang masih menggunakan versi lama. yukkk. Jangan lupa komen nya ya.. sekalian mampir Guest Book saya untuk mengisi daftar tamu. Makasih. Hidup WP Indonesia !! hehhe

Advertisements

7 comments on “Review WordPress versi anyar, 2.8 “Baker”

  1. Pingback: wp terbaru udah ada - Marigaul.com : Bergaul Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s