Mencetak file PDF dengan pdfFactory Pro

pdfFactoryPernah mendengar nama pdfFactory ? pdfFactory merupakan sebuah software untuk membuat PDF atau mencetak ke kertas. pdfFactory memungkinkan untuk mencetak kertas atau PDF tanpa mencetak dua kali seperti Adobe Acrobat. pdfFactory juga mampu menggabungkan beberapa dokumen dalam satu PDF. Hasilnya sangat tajam, mampu mendukng 400% zoom.

Yang menarik dari pdfFactory ini yaitu saat kita akan membuat / mencetak file ke format PDF, maka begitu kita print, software ini akan membuka sebuah window tampilan preview hasil print sebelum kita save ke file. Praktis bukan ? Apalagi bila anda adalah orang yang sering menggunakan Autocad, kebetulan saya yang sehari-hari menggambar di autocad, tentu software ini lebih menguntungkan bagi saya. Mengapa ?

Sebelumnya saya menggunakan software pencetak file pdf menggunakan Adobe Acrobat profesional. Nama software Acrobat tentunya sangat kita kenal bukan ? Namun, saya lebih suka menggunakan pdfFactory, karena selain adanya preview hasil akhir sebelum meng-save ke file, yang paling saya suka yaitu hasil file PDF keluaran pdfFactory jauh lebih kecil ukuran sizenya ketimbang hasil keluaran Adobe Acrobat, padahal kualitas yang dihasilkan sama persis, bahkan ukuran kertas diset dengan ukuran yang sama. Kok bisa ? entahlah, saya juga tidak tahu, tapi yang pasti, saya puas sekali mencetak file PDF dengan pdfFactory ini.

Fungsi lain juga tak kalah pentingnya diantaranya :

  • Keamanan: Enkripsikan dan mengontrol akses ke file PDF
  • Font embedding: memastikan asli font yang digunakan dalam dokumen ditampilkan bahkan jika pembaca PDF tidak memiliki font yang terinstall pada komputer-nya.
  • Halaman sisipan dan penghapusan: Memungkinkan bahan yang tidak diinginkan untuk dihapus sebelum PDF dibuat. Hal ini sangat berguna ketika membuat laporan PDF dari dokumen lama, email dan halaman web.
  • Kirim via email: hanya satu kali klik mouse untuk mengirimkan PDF standar Anda melalui program email. PDF juga akan ter-copy ke clipboard untuk menyisipkan ke email yang ada.
  • AutoSave: Menyimpan seluruh isi sesi pdfFactory secara otomatis, sehingga Anda dapat mengambil sebelumnya dikompilasi PDF.
  • URL Link deteksi: pengaturan link menurut jenis, warna dan ketebalan untuk membuka halaman web dan alamat email dengan sebuah klik dari mouse anda.

Hardware yang dibutukan untuk menginstall software ini juga tidak terlalu tinggi, yaitu Windows Vista, XP, 2000, NT, 98, 95 dengan minimal 128mb RAM. Selain itu, file instalasi nya juga kecil, tidak lebih dari 50 Mb kok. Versi terbaru saat saya buat tulisan ini yaitu pdfFactory 3.48 yang dapat anda download trial nya di situs resmi pdfFactory, atau klik DISINI. Silahkan mencoba dan buktikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s